Cemlekum atau Assalammu’alikum

28 Feb 2010

“Assalammu’alikum”..adalah bahasa yang merupakan salam dalam bahasa arab yang merupakan kultur dari kita seorang muslim. “Assalammu’alikum” dapat merekatkan Ukhuwah Islamiyah umat Muslim di seluruh dunia. Untuk kita yang mengucapkan salam, hukumnya adalah Sunnah. Sedangkan bagi yang mendengarnya, wajib untuk menjawabnya.

Namun dengan berkembangnya zaman, “Assalammu’alikum” yang bermakna kesejahteraan ini semakin berkembang.

“Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu pergi (berperang) di jalan Allah, maka telitilah dan janganlah kamu mengatakan kepada orang yang mengucapkan “salam” kepadamu: “Kamu bukan seorang mu’min” (lalu kamu membunuhnya), dengan maksud mencari harta benda kehidupan di dunia, karena di sisi Allah ada harta yang banyak. Begitu jugalah keadaan kamu dahulu lalu Allah menganugerahkan ni’mat-Nya atas kamu, maka telitilah. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.” ( An-Nisa:94)

Tau enggak bagaimana teman-teman di zaman sekarang mengucap salam??

“Cemlekum….”..biyuh,,enak banget ngucapnya..Imut,,but, artinya pasti berbeda dengan “assalammu’alikum“..

Terus,,bagaimana hukumnya??Saya sich tak berani mengambil kesimpulan sendiri.
Saya hanya mencoba membalasnya dengan benar, dengan mengucapkan Waalaikum salam warahmatullahi wabarakatuh. Dalam Islam, menyebarkan salam itu sunnah dan disukai. Dan menjawab salam hukumnya wajib. Jadi, saya hanya bisa menjawabnya dengan baik saja..^^



TAGS Cemlekum atau Assalammu'alikum


-

Author

Follow Me