Gerakan Informatika Cinta Batik

12 Oct 2011

Alhamdulillah..
Akhirnya bisa posting juga. Setelah 1 bulan ini sibuk dengan hari-hari pertama kuliah. Seneng, susah, rindu, gembira, bangga, semua jadi satu. Kerinduanku untuk blogging akhirnya tersampaikan juga:)

Aku cinta Indonesia. Kalimat yang tak luput dari Warga Negara Indonesia. Namun, realisasinya??
Sebagaian dari kita pasti merealisasikannya, karena cinta tak terlihat, maka butuh pembuktian agar ia terlihat. Kalau boleh dibilang cinta ibarat IMAN dalam agama ISLAM. Ada dalam hati, diikrar dalam lisan, dan diikuti dengan realisasi dalam perbuatan. Dan apa bukti bahwa kamu cinta Indonesia??

Banyak cara untuk kita bisa membuktikan bahwa kita memang BBC [Benar-Benar Cinta] Indonesia. Mulai dari TERJUN LANGSUNG ikut serta dalam pengembangan budaya. Atau hanya sebagai penikmat, pecinta budaya + produk Asli Indonesia, atau dengan ditambah mengikuti Kompetisi Blogdetik yang bertema Mencintai Tanah Air Indonesia melalui Blog dan Jejaring Sosial.

Sangat banyak Budaya + Produk-produk yang Khas dan ASLI Indonesia. Ehm, misalnya dari yang simple-simple aja, Makanan Tradisional. Berapa banyak sich anak jaman sekarang yang suka Gethuk, Klepon, Pure, Cenil, Iwel-iwel, Nagasari, Blendung, Apem, Lemper, Samplok, Wajik dan masih banyak lagi [ itu jajanan lho, namanya mungkin aneh dan asing ditelinga anda..namun itu jajanan kesukaanku lho..:P]. Kebanyakan pasti lebih suka makan Burger, Pizza, dan berbagai makanan asing. Padahal saat aku kecil aku selalu minta makanan-makanan itu saat Ibu mau ke pasar. Bahkan sampai aku SMA, Ibu sering membuatkannya untukku untuk bekal. Bahkan saat menulis postingan ini, aku sedang pengen banget makan yang namanya Gethuk. Aih..Sudah sudah, aku jadi kangen masakan Ibu:(…

Ganti topik, toh budaya + produk asli dan KHAS Indonesia BUANYAK BANGET bukan cuman Makanan Tradisional. Masih ada berbagai Kesenian Khas dimasing-masing daerah di Indonesia. Mulai dari Sabang sampai di Papua memiliki keanekaragaman Seni. Karena sekarang aku sedang ada di Madura, akan saya bahas sedikit tentang kebudayaan Madura. Garam, Clurit, Sakera dan Karapan Sapi, ya, itu yang paling terkenal. Tapi, tahukan kamu, bahwa sekarang BATIK MADURA sedang memBOOMING dimana-mana. Tak kalah dengan Batik Pekalongan, Solo, dan daerah-daerah penghasil Batik Jawa Tengah. Batik Madura juga memiliki ke-UNIK-an tersendiri, keindahan corak dan motifnya, pemilihan warna-warna yang tegas dan berani menjadi daya tarik tersendiri bagi peminatnya.

riaBatik sekarang tak hanya dipakai oleh para Pejabat atau Pegawai Negeri. Batik yang saya kira dulunya hanya dipakai acara-acara formal, kinipun bisa digunakan oleh siapa saja dan dimana saja, tanpa mengurangi rasa kebudayaan yang tercermin dari motif dan coraknya. Aku dan adikku-pun suka memakai batik..:)

gerakan-cinta-batik

Ngomong-ngomong soal Batik, sebagai pem-BUKTI-an bahwa aku, emm.. lebih tepatnya kami, Mahasiswa Universitas Trunojoyo Madura, khususnya Mahasiswa Teknik Informatika memakai Batik disetiap hari Selasa dan Kamis. Bahkan tak hanya itu, sebagai solidnya hubungan kami yang Cinta akan Budaya+Produk Indonesia, dibentuklah Gerakan Informatika Cinta Batik. Tak hanya dikampus tapi juga di Jejaring Sosial, Facebook, telah dibuat acara Gerakan Informatika Cinta Batik.

Kalaupun beberapa saat yang lalu “negara tetangga” meng-klaim beberapa kebudayaan kita, akankah ia berani meng-klaim Kebudayaan Khas Madura??(^^)v

Yuk mari Melestarikan Kebudayaan Asli Indonesia dengan mengImani-nya:)


TAGS blogdetik cinta Indonesia


-

Author

Follow Me