Jangan Salah dengan Madura

31 Oct 2011

Mwanita-maduraadura. Kebanyakan orang mendefinisikan sebuah pulau yang dihuni oleh orang-orang yang jauh dari kehidupan perkotaan yang penuh akan kemajuan Teknologi. Banyak orang yang mengira orang Madura itu Udik alias Ndeso, yang bisanya hanya bekerja kasar-kasaran.


Wanita Madura-pun memiliki karakteristik yang berbeda. Mereka juga pekerja keras. Saya banyak menemui wanita-wanita disini membawa barangnya diatas kepala. Jarang atau bahkan mungkin wanita-wanita dari daerah lain merasa tidak mungkin melakukan hal itu, termasuk aku. Dan dulu aku-pun menganggukan kepala tanda setuju. Karena aku tak tahu.

Tapi, hal ini tertepis sudah saat aku hidup sini (+- 2 bulan). Why?

Karakter orang Madura yang dulunya aku fikir kasar, ndeso, ketinggalan teknologi, dan intinya mereka adalah orang yang terpelosok. Ternyata SALAH. Bahkan aku banyak ditolong oleh orang-orang Madura disini. Mereka tidak kasar, bahkan lebih lembut dan perhatian dari apa yang aku fikirkan. Dan perlu dicatat, aku mungkin malah lebih ketinggalan teknologi daripada mereka. Gadget merek jauh dari apa yang aku punya.

Dalam bidang Teknologi, selain gadget mereka yang jauh lebih keren. Kemajuan Ilmu Teknologinya juga maju banget. Contoh simplenya saat kemaren mengikuti acara Blogger Nusantara di Sidoarjo. Blogger-blogger dari daerah lain kaget saat aku bilang dari Madura ada 52 blogger yang ikut. Itu-pun banyak yang pingin ikut tapi terkendala kuliah dan kegiatan lain. Tak hanya itu, blogger-blogger Madura terlihat lebih antusias dan lebih ramah dengan berkeliling ke komunitas-komunitas Blogger daerah lain. Bahkan teman dblogger-ku mas Boteell dari Samarinda nge-tweet Ternyata pandangan masyarakat umum tentang Madura yang dinilai keras, identik celurit, sudah ditepiskan di #bloggernusantara . Jadi, tak hanya aku yang menepis anggapan itu.

Itu dari segi teknologi yang ternyata sungguh sangat mengesankan. Kemampuan berbicara mereka jauh lebih baik dan jauh lebih berpendidikan dari pada aku dan apa yang aku fikirkan. Dan ternyata banyak orang-orang hebat yang lahir di Tanah Bull race ini.

Orang-orang hebat seperti D. Zawawi Imron, seorang Sastrawan Hebat yang pernah tampil dalam acara Kesenian di Winter Natchen Belanda. Teman Baru-ku, Ruslan namanya, asli Madura, yang dengan sosok sederhananya, ternyata adalah Juara ke-3 Festival Indonesia Cerdas se-JATIM dibidang Fisika dan Juara 2 Fisika se-Madura. Jauh banget dengan aku, aku hany masuk 10 Besar OSN Kimia Se-Kabupaten..:(

Dan lagi, ternyata jika di search di Google banyak sekali Anak-anak Madura yang menyabet berbagai medali baik Nasional maupun Internasional. Bahkan aku sampai merinding membaca berita-berita yang Subhanallah banget itu. Empat Siswa Asli Madura Sabet Juara Umum Dunia Olimpiade Matematika. Siapa yang tidak merinding membaca judul itu. Oarng Awam seperti aku tentu merinding membacanya. Silahkan baca beritanya disini. Kemudian ada lagi siswi SMP yang juara OSN Astronomi yang sebelumnya mendapatkan Medali Perak dalam ajang Olimpiade Astronomi asia-Pasific. Dan banyak orang-orang hebat asli Madura dalam bidang pendidikan ataupun yang lain.

So, intinya jangan termakan dengan pendapat umum yang terkadang salah. Jangan salah tentang Madura. Telusuri dahulu.. Dan kini, aku bangga menjadi bagian dari Madura :)

Powered by Komunitas Blogger Madura | Plat-M


TAGS Madura Plat-M


-

Author

Follow Me