Asyiknya berpetualang di Kebun Binatang

20 Mar 2012

images by Google

Intro..

Kebun binatang surabaya adalah salah satu kebun binatang yang populer di Indonesia. Dan juga pernah menjadi kebun binatang terlengkap di Asia Tenggara.

Kurang lebih begitulah yang saya kutip dari wikipedia. Kebun Binatang yang sudah didirikan semenjak 97 tahun silam, yang konon namanya Soerabaiasche Planten-en Dierentui. Kebun Binatang Surabaya yang lebih sering didengar ditelinga dengan KBS ini terletak di tengah-tengah kota. Cukup pas untuk daerah ibukota yang dikenal hiruk-pikuk kendaraan bermotor, panas, dan asap raksasa-raksasa penghancur aspal. Cukup bermanfaat dalam menangani polusi udara di Surabaya yang semakin hari kian bertambah dan merusak lapisan ozon diatas sana, dan menjadi tenarlah Surabaya dengan Panasnya udara disana.

Beginning..

Kebun Binatang. Ya, saat ditanya tempat wisata impian yang saya inginkan saya ingin ke sebuah tempat dimana banyak satwa-satwa langka, unik, cantik, dan lucu dari semua belahan bumi ini. Mulai dari Kucing, Anjing, Gajah Sumatra, Badak Jawa, Komodo, Orangutan Kalimantan, Cendrawasih, Koala, Kanguru, Rusa Bawean, Anoa, Kambing hutan, Babi hutan, Musang air, kupu-kupu, kra-kura, arwana, paus, lumba-lumba, tapir, beruang kutub, dan semuanya ada, tumplek blek jadi satu di sebuah Kebun Binatang. Tentu dengan simulasi Habitat asli mereka. Tak dipungkiri, saya juga suka tempat-tempat Wisata Sejarah semacam Candi, Wisata Alam semacam Pantai yang juga sering saya ceritakan di Blog ini. Namun, saat menyinggung Wisata Impian, saya lebih menginginkan Kebun Binatang :)

KBSKebun Binatang-pun tidak cukup dengan binatang-binatang yang lengkap. Namun, juga harus dipadu padankan dengan desain landscape yang keren. Saat masuk ke kebun binatang, kita disambut dengan petugas Kebun Binatang yang ramah dengan kostum ala petualang hutan dan akan memandu kita dalam setiap perjalanan mengelilingi Kebun Binatang. Sebelum perjalanan mengelilingi kebun binatang, kita diperlihatkan tempat-tempat yang akan kita singgahi melalui peta digital saku ( semacam LCD touchscreen 10 ), yang saat disentuh tempat yang kita inginkan muncul deskripsi tentang tempat itu. Mulai dari hewan apa saja, deskripsi hewan tersebut, habitat aslinya dimana, dan foto habitat aslinya yang dapat dibandingkan dengan habitat buatan yang ada dalam kebun binatang ini (saat membandingkan, kami para wisatawan akan tersenyum kagum, karena habitatnya mirip dengan yang asli :D).

Lalu dilanjutkan dengan rumah-rumah hewan yang unik dan khas ada gambar-gambar hewannya. Untuk hewan rumahan seperti kucing, anjing, hamster, dan lainnya. Rumah Air semacam seaworld dengan berbagai ikan-ikan mulai dari ikan jatul yang ada disungai, ikan-ikan kecil, koi, arwana dan lauhan yang terbiasa di aquarium mewahnya serta piranha yang lengkap dengan simulasi sungai amazonnya. Pantai dengan lumba-lumba dan pausnya. Mini hutan asri dengan rusa bawean, kambing hutan, anoa, orangutan dan hewan-hewan lainnya yang berkomunitas menjadi satu populasi dalam hutan ini. Lalu mini hutan khusus hewan-hewan buas semacam macan tutul, beruang, singa dan semuanya sudah jinak dan aman terkendali jika kita menginginkan berfoto dengan mereka.

singapura

Ditengah-tengah mini hutan ada semacam rumah pohon yang alami, semua terbuat dari kayu. Meskipun tetap ada unsur modern. LCD touchscreen yang bisa dibuat videocall dengan petugas. Didalam rumah pohon ini juga terdapat mini cafe dengan menu unik yang memang khas makanan hutan, buah-buahan yang diramu unik menjadi hidangan Jungle yang pas. Juga ada taman bermain edukatif khusus anak-anak dengan nuansa Kebun Binatang tentunya. Tak lupa sentuhan modern semacam game tentang hewan-hewanpun ada.

Fasilitas alami dipadu dengan sentuhan modern-nya kentara dimana-mana. Itu yang saya impikan. Tentu tanpa merubah simulasi habitat asli mereka. Tak hanya fasilitas, kenyamanan pengunjung yang diperhatikan. Tapi juga fasilitas dan kenyamanan hewan-hewan yang menjadi koleksi Kebun Binatang ini. Tak ada yang namanya hewan mati karena makanan tidak sehat, makan telat, dan kebersihan habitat mereka pun haarus dijaga. Tempat sampah disediakan cukup strategis. Tempat Sampah dengan sampah yang dapat diolah dan tidak dapat diolah disendirikan. Dan semuanya otomatis.

Benefit..

Anak-anak jaman sekarang yang lebih suka jalan-jalan ke Mall, main game yang tak jeluntrung ada manfaatnya, sedikit berinteraksi dengan alam, akan merasa menemukan dunia baru yang masih alami disini. Saya pribadi berharap, anak-anak memiliki wawasan yang luas dengan mengetahui berbagai satwa dari belahan dunia, semakin cinta dengan alam yang notabennya adalah Makhluk Ciptaan-Nya juga.

Selain itu Kebun binatang juga bisa digunakan sebagai sarana perlindungan dan pelestarian, pendidikan, penelitian, dan rekreasi. Jika diambil garis besarnya ada 5 manfaat utama dari kegiatan mengunjungi Kebun Binatang.

1. Menambah pengetahuan
2. Mengajarkan anak mencintai satwa dan alam
3. Waktu berkumpul yang ideal dengan keluarga, kerabat, teman, dan sahabat
4. Meningkatkan kesehatan
5. Menjaga kelangsungan hidup binatang, baik yang langka maupun tidak.

So, kalaupun belum ada Kebun Binatang seperti Impian saya. Yuk, kita mengunjungi Kebun Binatang. Toh banyak manfaatnya juga bagi kita kan :)

sumber gambar : google.com

Wisata impian ini dikutsertakan dalam Lomba Blog 2nd Anniversary of DotSemarang


TAGS Wisata Impian dotsemarang kebun binatang impian


-

Author

Follow Me