Wisata Religi ke Syaikhona Kholil

12 May 2012

religi

Bisa menginjakkan kaki di tanah tempat dikebumikannya Kyai Besar yang diakui dan dibenarkan ke-karomah-an nya. Alhamdulillah, akhirnya saya bisa ziaroh ke sini juga.

Meski letaknya di Kabupaten yang sama dengan tempat saya merantau. Sudah sekitar 9 bulan disini, namun tak kunjung bisa ziaroh. Dan saat Nak-kanak Blogger Madura atau yang lebih dikenal dengan Plat-M ini mengajak saya ke Sarean Kyai Kholil dengan gelar Syaikhona-nya dan lebih sering disebut Mbah Kyai Kholil.

Subhanallah, saat mulai memasuki desa tempat Pesarean beliau, rasa nyaman dan tentram semakin terasa. Terlihat dari jauh menara masjid Syaikhona Kholil. Semakin dekat ke masjid yang juga pesarean beliau, semakin rasa senang menggebu-gebu di dalam diri saya.

bersama nak-kanak Blogger Madura di depan masjid Syaikhona Kholil

bersama nak-kanak Blogger Madura di depan masjid Syaikhona Kholil

Dan saat sampai di Masjid, saya terkagum-kagum dengan arsitektur Masjid yang dibangun begitu indah. Kubahnya emas dan dikelilingi oleh lafadz Allah dan surat Al Ikhlas. Disebrang sebelah kanan masjid terdapat supermarket dan kompleks pertokoan yang islami. Saya suka melihat ini semua. Ditambah lagi hampir semua laki-laki yang berkunjung memakai baju koko, sarung dan pecinya. Tak ketinggalan yang perempuan cantik dengan jilbab mereka.

Saya sangat rindu suasana seperti ini, meski tak pernah mengenyam bangku pondok, tapi saya sangat rindu suasana seperti ini.. :)

Syukron Katsir mas Itsnain, mas Wahyu, mas Eko, mas Farid dan mbak Winda yang sudah mengajak saya :)


TAGS Pesarean Kyai Kholil masjid Syaikhona Kholil Wisata Religi madura


-

Author

Follow Me