Energi dan Negeri | Menciptakan ketahanan energi untuk negeri

1 Jun 2012

Berapakah usia anda sekarang? Sudah pernah ke Jogja? Bali? Singapura?atau bahkan New York? Sudah sejauh mana anda melangkahkan kaki anda di dunia ini? Sudah sejauh mana aktivitas anda dalam kehidupan ini? Sudah bergerak kemana saja tubuh anda? Dan taukan anda ada sesuatu yang membuat semua itu dapat terjadi, dan tanpa nya anda tidak dapat melakukan usaha apapun,aktivitas apapun. Ya, sesuatu itu ialah yang menurut ROBERT L. WOLKE merupakan kemampuan membuat sesuatu terjadi.

Sesuatu itu ialah Energi, yang dibutuhkan oleh benda agar benda dapat melakukan usaha. Dan dalam kenyataannya setiap dilakukan usaha selalu ada perubahan. Nah kalau di Fisika. Energi itu adalah suatu besaran yang kekal. Pernyataan tersebut berdasarkan bunyi Hukum Termodinamika I yang menyebutkan bahwa energi tidak dapat diciptakan dan energi tidak dapat dimusnahkan.

_hemat-energi-baru

Secara sederhananya, energi adalah suatu kemampuan untuk melakukan suatu usaha atau suatu kerja. Kita, manusia membutuhkan energi untuk bergerak dan melakukan segudang aktivitas. Tak heran bila iklan suplemen penambah energi sangat marak di berbagai media massa, karena energi merupakan kebutuhan utama manusia. Dengan memiliki energi, manusia bisa melakukan berbagai aktivitas mulai dari aktivitas ringan sampai aktivitas berat. Mulai dari menggerakkan kaki untuk berjalan keluar rumah maupun mendaki Kilimanjaro.

Tapi tak hanya manusia yang membutuhkan energi, hampir semua benda yang ada di bumi ini membutuhkan energi. Misalnya air yang mengalir, angin yang berhembus atau mobil pada saat melaju, benda yang berputar, ledakan petir atau usaha-usaha maupun kerja lainnya. Dan Energi memiliki berbagai bentuk selain yang kita kenal dalam kehidupan sehari-hari. Dan energi yang sudah menjadi kebutuhan publik yaitu bahan bakar yang asalnya dari fosil baik itu BBM (bahan bakar Minyak ) atau Batu bara.

Sebelum ditemukannya bahwa materi bisa menjadi energi dalam Fisika modern bahwa energi tidak dapat diciptakan dan dimusnahkan. Energi hanya bisa berubah bentuk dari bentuk satu ke bentuk lain. Dan karena energi yang berasal dari fosil ini tidak dapat diperbaharui. Maka penting bagi kita untuk menghematnya atau mencari bentuk energi alternatif lainnya. Banyak bentuk energi alternatif selain fosil, antara lain Energi potensial, kinetik, cahaya, angin, listrik, nuklir, nabati, tenaga panas bumi, gas methan, dan masih banyak bentuk energi lainnya.

pertamina

Selain energi dari fosil, dengan kebutuhan energi yang semakin meningkat semakin dibutuhkan inovasi baru karena energi fosil yang jumlahnya terbatas serta tidak bisa diperbaharui. Dan sebagai kaum muda yang intelektual, seperti seminar yang saya ikuti kemaren di kampus yang diadakan oleh Pertamina, perusahaan perseroan yang bergerak dalam mengelola minyak bumi dan gas bumi di negeri tercinta ini yang kini beralih menjadi perusahaan Energi, dengan tema Menciptakan ketahanan energi untuk negeri. Temanya keren banget kan? Seminarnya juga keren, membahas tentang semua hal tentang energi untuk negeri. Paling tidak membuat kita melek tentang energi yang kaya yang negeri kita miliki. So, keep spirit to create the energy security for our country.. :)


TAGS Menciptakan ketahanan energi untuk negeri energi pertamina


-

Author

Follow Me