Yuk Kuliah IT biar Jago Linux

26 Jun 2012

419facad290fdc65b14d13ac3ab9f11d_170px-tuxsvgKata “Linux” untuk saat ini sudah tidak asing lagi bagi para pengguna internet, khususnya komunitas mahasiswa yang memiliki hobby untuk mencoba software-software baru. Secara teknis dan singkat dapat dikatakan, Linux adalah suatu sistem operasi yang bersifat multi user dan multi tasking, yang dapat berjalan di berbagai platform.

Linux dengan logo uniknya pinguin, semakin menjadi suatu pusaran teknologi andalan, apalagi disaat Indonesia mencanangkan Go Open Source. Linux yang bersifat terbuka alias Open Source alias bisa di oprak aprik dikembangkan sedemikian rupa untuk menunjang kebutuhan kita. Ditambah lagi perbedaan yang paling mendasar Linux dengan operating Sistem yang lain ialah HARGA. Linux ini lebih murah dan dapat diperbanyak serta didistribusikan kembali tanpa harus membayar fee atau royalti kepada seseorang. Sangat berbeda dengan Jendela (baca : windows) yang versi orisinilnya bisa 6 digit rupiah.

Selain harga dan sifatnya yang open source, linux memiliki kelebihan-kelebihan lain. beberapa kelebihan dari sistem operasi Linux/UNIX dibandingkan dengan dengan sistem operasi yang lain. Dan berikut ini adalah beberapa fakta dari hal-hal yang menguntungkan dengan menggunakan program dan file-file Linux/UNIX :

Pada dasarnya semua data tersimpan di dalam harddisk walau ada beberapa kondisi dimana data tersimpan di disket. Linux/UNIX memberikan beberapa proses spesial dimana terminal, printer dan device hardware lainnya dapat diakses seperti kita mengakses file yang tersimpan dalam harddisk atau disket.

Ketika program dijalankan, program tersebut dijalankan dari harddisk ke dalam RAM dan setelah dijalankan akan dinamakan sebagai proses.

Linux/UNIX menyediakan servis untuk membuat, memodifikasi program, proses dan file.

Linux/UNIX mendukung struktur file yang bersifat hirarki.

Linux/UNIX adalah salah satu sistem operasi yang termasuk ke dalam kelas sistem operasi yang dapat melakukan multitasking. Multitasking sendiri adalah keadaan dimana suatu sistem operasi dapat melakukan banyak kerjaan pada saat yang bersamaan.

Selain multitasking, Linux/UNIX juga dapat mendukung multiuser. Yaitu sistem operasi yang pada saat bersamaan dapat digunakan oleh lebih dari satu user yang masuk ke dalam sistem. Bahkan untuk Linux juga mendukung untuk multiconsole dimana pada saat bersamaan di depan komputer langsung tanpa harus melalui jaringan dan memungkinkan lebih dari satu user masuk ke dakam sistem.

Saya sendiri memiliki ketertarikan pada Linux saat menjadi pelajar seperti anda. Saya ingin Jago Linux. Menguasai Linux, mengopreknya sedemikian rupa dan tentu tujuannya agar bisa bekerja mapan dengan Linux. Makanya saya mengambil jurusan IT. Sayangnya di jurusan IT yang saya geluti sekarang, ternyata tidak terfokus pada Linux. Kebanyakan dari senior-senior saya belajar otodidak atau melalui lembaga lainnya.

nurul fikri

Nah, mumpung belum terlanjur seperti saya. Jika kalian ingin Jago Linux untuk menaklukkan dunia kerja sekarang, cepetan gabung gih di Kuliah IT Nurul Fikri. LP3T Nurul Fikri menawarkan anda sebuah program khusus, yaitu program profesi. Tentu agar anda mahir dalam bidang Linux serta perangkat open source lainnya. Prospek karir yang mantab mulai dari Administrator Sistem, Administrator Jaringan, Konsultan TI, Instruktur TI, Web Developer, Software Developer dan sampai IT Technical Support (Helpdesk) dapat anda dapat dengan mudah jika Kuliah IT Nurul Fikri. Saya-pun menginginkan hal tersebut. Jika saya dapat Kuliah IT Nurul Fikri dan akhirnya Jago Linux, siapa yang tidak ingin? Siapa yang tidak bangga? Apalagi jika saya dapat Kuliah IT Nurul Fikri dengan beasiswa. Tentu menjadi kebanggaan tersendiri bukan? Kalo saya ingin, saya yakin anda juga ingin.. so? Yuk Kuliah IT Nurul Fikri biar kita bisa Jago Linux dan menaklukkan teknologi dunia.. ^^

Referensi ; http://nurulfikri.com, Open Source Campus Agreement Modul Pelatihan PENGENALAN LINUX oleh R. Anton Raharja, Afri Yunianto dan Wisesa Widyantoro.


TAGS Yuk Kuliah IT biar Jago Linux Kuliah IT Nurul Fikri LP3T Nurul Fikri program profesi LP3T Nurul Fikri info linux


-

Author

Follow Me