Semut Orange Pahlawan Pengguna Jalan

4 Aug 2012

Pernah dengar tentang betapa kerennya semut sebagai serangga kecil yang terkadang membuat kita terganggu? Pasti pernah lah, serangga yang komponen otaknya paling bayak diantara serangga-serangga lain, hewan paling kuat, dan hewan paling ramah dan memiliki solideritas tinggi.

foto by google

foto by google

Semut. Hewan yang sering dijadikan contoh agar kita semakin menghargai satu sama lain. Meski sejujurnya saya terkadang jengkel dengan semut, soalnya kadang ganggu juga. Hehe. Tapi, ternyata filosofi kehidupan semut itu keren loh. Saya pernah mendengar sebuah cerita tentang semut. Saat itu, ada seorang yang hidup dijaman nabi mengamati semut-semut yang membawa potongan daun hijau ke arah air [detailya sungai atau laut saya lupa], dan dioper ke seekor katak dan katak itu masuk ke dalam air. Dan ternyata setelah diamati, daun-daun itu untuk makan seekor ular yang terjepit di dasar air. Subhanallah..

Do you know about Semut Orange??

Semut Orange adalah sebuah komunitas kecil yang sudah saya dengar semenjak beberapa bulan lalu. Komunitas ini sangat keren. Mereka ada untuk menolong pengguna jalan dari korban penyebaran paku di jalan. Komunitas yang mengambil nama dari filosofi hewan bersosial tinggi ini memberikan layanan berupa tambal ban gratis bagi warga yang terkena ranjau paku. Ranjau paku ini biasanya disebar di sepanjang jalan yang ramai di Ibu kota Jakarta, biasanya dilakukan oleh oknum tambal ban atau bahkan penjahat jalanan.

Saya tak mengerti jalan-jalan di Jakarta sebelah mana yang banyak di pasangi ranjau paku oleh oknum-oknum jahat. *Orang ke Jakarta aja belum pernah,,hehe
Namun, dari informasi yang saya dapat
disini. Komunitas yang hanya bertenda warna oranye itu terletak di Jalan Hasyim Ashari, Kelurahan Duri Pulo, Kecamatan Gambir, Jakarta Pusat atau lebih dikenal sebagai kawasan Roxy. Dan komunitas ini mulai beraksi sejak pukul 06.00 hingga 18.00 setiap hari.

image by http://www.facebook.com/Semut.Orange.Community

image by http://www.facebook.com/Semut.Orange.Community

Subhanallahnya lagi, mereka tidak meminta sepeser pun dari tambal ban tersebut. Murni gratis. Mereka sendiri memiliki usaha masing-masing alias punya kerjaan sendiri-sendiri. Nah, saat mereka lagi free, mereka gantian jaga stand tambal ban gratis Semut Orange. Selain tambal ban gratis, Semut Orange juga mencari paku di jalanan. Subhanallah.. :)

Yuk Gabung Komunitas Semut Orange !

Di Ramadhan yang pernuh berkah ini, pasti lagi musim yang namanya pulang kampung alias mudik. Nah, bukannya suudzon, tapi pasti di jalan masih banyak nich ranjau paku yang dipasang. Apalagi pemudik kebanyakan memakai motor. Dan keberadaan Semut Orange ini sangatlah membantu. Namun, sampai saat ini masih ada beberapa anggota dan butuh tenaga banyak untuk kebaikan ini. So, paling enggak kita memberi tahu masyarakat luas tentang hal ini. Agar semakin banyak yang bergabung dengan komunitas ini. Go Semut Orange!! :)


TAGS semute orange pahlawan pengguna jalan mudik lebaran


-

Author

Follow Me