Yuk Ngabuburit

12 Jul 2013

Menunggu datangnya puasa tergadang membuat saya bingung harus ngapain. Setelah pagi hari membantu ibuk dan lanjut ikutan English Course di Kampung Inggris sampai siang hari. Siang hari saya buat istirahat dan ibadah [ngaji biar bisa khatam penuh pas Ramadhan :)]. Nah, pas sore hari kadang udah lemes. Mau ngapain coba, bantu ibuk di dapur cuman setengah jam kelar. Itu pun dilakukan pas waktu mau buka puasa. Terus? Apa sich yang saya lakukan di sore hari Ramadhan yang biasanya orang bilang ngabuburit? Ngabuburit ? Penting gak sich?

ngabuburit sambil kopdar di masjid, its oke?

ngabuburit sambil kopdar di masjid, it’s oke?

Apa sich Ngabuburit itu?

Ngabuburit adalah istilah yang sering kita dengar saat Ramadhan tiba. Istilah ini berasal dari bahasa Sunda yang kurang lebih artinya sore, menunggu senja/petang/malam. Namun kini telah menjadi sebuah istilah yang lumrah digunakan di Indonesia, gak hanya di Sunda.

Ngabuburit menjadi sebuah tradisi yang sudah lazim di Indonesia. Banyak yang menggunakan waktu ngabuburitnya untuk memperbanyak ibadah, tilawah, atau bersenang-senang?? Ya, itu semua tergantung kita memanfaatkan waktu ngabuburit itu untuk apa. Kalau dilihat dari potret remaja yang notabennya suka seneng-seneng dan terkadang terkesan hura-hura, ngabuburitnya ya semacam acara jalan-jalan ke mall, muter-muter kota, karaokean, atau bahkan malah ngrumpi. Sebenarnya semua itu memang boleh-boleh saja sich, namun yang menjadi masalah sometimes ngabuburit remaja ala sekarang ini kadang malah menjerumus ke hal negative. Terus penting nggak sich kalau kita ngabuburitnya di tempat karaoke?atau jalan-jalan?atau ngrumpi?Terus ngabuburit itu penting nggak? Atau kita bermalas-malasan atau bahkan tidur aja sambil nunggu buka?

Penting nggak sich ngabuburit itu??

Masih ingat hadist tentang lima perkara nggak? Saya petikkan dech sambil dibaca bernada kayak Aa gym juga malah keren :)

Dari ibnu Abas r.a. berkata rasulullah saw, bersabda: memanfaatkan lima keadaan sebelum datangnya lima; masa hidup sebelum datang matimu, masa sehatmu sebelum sakitmu, masa luangmu sebelum masa sibukmu, masa muda sebelum masa tuamu dan masa kayamu sebelum masa fakirmu

Manfaatkan masa luangmu sebelum masa sibukmu. Actually, Ngabuburit adalah waktu luang bagi saya dan saya rasa juga bagi anda. Nah, Kita kudu pinter-pinter manfaatin waktu ngabuburit ini.

mengaji

Ngabuburit PENTING! Ya, tentu penting banget kalau kita mengisinya dengan hal-hal positif. Semacam tilawah, berdzikir, baca Al-Quran, memperbanyak sholat sunnah dan lain sebagainya. Namun apakah ngabuburit yang penting dan berkah itu saja? Jawabannya tidak. Ibadah mah nggak melulu itu. Baca buku kalau diniatin ibadah juga dihitung ibadah [ tentu buku yang bermanfaat bukan buku yang berbau mudharat], bantu ibuk masak, bersih-bersih rumah juga ngabuburit yang berkah kalau kita ikhlas. #NgaBLOGburit-pun juga bisa bernilai ibadah jika yang kita tuliskan bermanfaat bagi orang yang membacanya bukan?

Jadi, saya rasa ngabuburit itu penting selama kita memanfaatkannya dengan baik. Allah berfirman dalam Surat Al Ashr ayat pertama yang artinya :

Demi masa. Sesungguhnya manusia itu benar-benar berada dalam kerugian, kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh dan nasihat menasihati supaya menaati kebenaran dan nasihat menasihati supaya menetapi kesabaran.

Saya mah kagak mau rugi :D makanya saya ikutan #ngaBLOGburit . Selain waktu ngabuburit saya bisa tersalurkan positive dengan menulis, kegiatan saya ini pun bisa dinilai ibadah. Mengerjakan amal sholeh dan saling menasehati. Semakin bermanfaat lagi kalau ada selipan ayat dalam setiap tulisan #ngaBLOGburit .

Dan bukankah Nabi Muhammad bersabda yang artinya :

Sampaikanlah dariku (yakni dari Rasulullah SAW) walau hanya satu ayat [HR Al-Bukhari]

Selamat ngabuburit :)


TAGS ngaBLOGburit


-

Author

Follow Me