Seribu impian di Kepulauan Seribu

29 Jul 2013

Alam Indonesia tak mungkin bisa kujajah hanya melalui dunia maya. Keindahanan dan keelokan warna warni pesona nusantara membuatku merasa harus untuk menyentuhnya lebih dekat. Hijaunya keindahan alam dipadukan dengan birunya laut, yang keduanya adalah warna dominan di Surga kelak. Melakukan berbagai kegiatan, mengunjungi berbagai tempat di Indonesia adalah mimpi saya. Ya, alam Indonesia yang membuat saya menulis mimpi-mimpi itu. dreambook

Entah darimana ini bermula. Tapi tangan ini dengan begitu saja menulis mimpi yang mungkin terlihat mustahil sedikit sulit bagi saya untuk mencapainya. Snorkeling dan Diving, melihat secara langsung indahnya bahari Indonesia. Mungkin karena banyaknya tayangan TV yang memperkenalkan indahnya pesona laut sehingga membuat hati saya menjadi semakin tertarik dengan kegiatan ini. Dan Indonesia memiliki banyak titik indah untuk snorkeling dan diving. Dan tentu, tempat itu juga menjadi list tempat yang ingin saya kunjungi.Kepulauan Seribu, Awesome Destination

Foto-pulau-seribu

sumber gambar : http://www.rajapulauseribu.com/

Kawasan pelestarian alam bahari Indonesia yang Indah ini terletak di sebelah utara Jakarta, Ibukota Indonesia. Tawaran keindahan pesona lautnya membuat decak kagum disetiap mata memandang. Dan ada 110 pulau yang memiliki dimensi khasanah yang berbeda-beda. Mulai dari wisata watersport, wisata bawah laut yang eksotis, wisata sejarah dan yang paling penting juga wisata pendidikan konservasi. Seakan-akan nama kepulauan seribu ini menyiratkan banyak makna. Kombinasi keindahan, history, dan edukasi yang elok ini membuat kepulauan seribu menjadi destinasi yang sangat mengagumkan.

Terumbu karang, karang, makrobentos dan ikan-ikan laut yang beraneka ragam dan menggemaskan tentu dapat dilihat di beberapa titik yang menawarkan snorkeling dan diving. Ditambah dengan sejumlah spesies langka semacam biota laut endemi,misalnya abalone kuda laut, kima raksasa, kelinci laut, penyu dan udang mantis terdapat di kawasan ini, Taman Nasional Kepulauan Seribu. Dan ini merupakan surge bawah laut bagi pecinta lautan, khususnya snorkeling dan diving. Banyak titik di kepulauan seribu yang menawarkan amazing watersport experience ini. Saya sudah search beberapa tempat yang memang bener-bener indah dan sudah saya jajah melalui dunia maya. Lets see.

1. Pulau Pari,

Letaknya tak terlalu jauh dan biayanya tak terlalau mahal. Tepatnya di Bintang Rama, kedalamannya hanya 6-10 meter, aman untuk wisatawan yang ingin dan baru mencoba snorkeling dan diving seperti saya.

2. Pulau Pramuka,

Hampir sama dengan di Pulau Pari. Di Pulau Pramuka ini terdapat spot indah pula untuk snorkeling dan diving pemula, karena kedalamannya tak jauh beda dengan di Pulau Pari. Pulau Pramuka memiliki pesona bawah laut yang indah.

3. Pulau Semak Daun,

Di pulau ini banyak titik untuk snorkeling dan diving. Kedalamannya sekitar 10-15 meter. Pulau ini memiliki keindahan terumbu karang dan pasir putih yang terbentang indah.

4. Pulau Panggang,

Penduduk di pulau ini cukup padat. Yang menjadi daya tarik para pengunjung untuk ber-snorkeling dan diving adalah Taman Nasinal Karang-nya dengan hamparan soft-coral yang menarik!

5. Pulau Petondan Timur,

Dengan kedalaman yang mencapai 30 meter membuat para pecinta diving tentu ingin sekali mengunjungi pulau ini. Ke-eksotisan bawah lautnya sangat recommend.

Masih banyak pulau di Kepulauan Seribu yang menawarkan watersport experience yang mengagumkan dengan pesona bawah lautnya, seperti pulau Kayu Angin Genteng, Pulau Lebar, Pulau Congkak, Pulau Melinjo, Pulau Kuburan China, dan beberpa apulau lainnya.

Beautiful and Historical Tourism di Kepulauan Seribu

sumber gambar : http://us.metro.news.viva.co.id dan http://www.arif-febriyanto.com/

sumber gambar : http://us.metro.news.viva.co.id dan http://www.arif-febriyanto.com/

Sejarah adalah bagian dari kehidupan. Kehidupan sekarang tentu karena adanya kehidupan di masa lampau. Dan mengenang sejarah atau paling tidah tahu tentang sejarah bangsa ini adalah sebuah hal yang seharusnya memang harus diterapkan. Apalagi jiwa-jiwa muda seperti saya yang tergerus dengan modernisasi. Dan di Kepulauan Seribu menyimpan mozaik sejarah yang tak mungkin terlepas dari Indonesia.

1. Jambatan Cinta dan Makam Raja Pandita di Pulau Tidung,

Pulau Tidung yang Indah dan menjadi pulau terfavorit para pengunjung kepulauan seribu. Jembatan Cinta yang menghubungkan Pulau Tidung Besar dan Pulau Tidung Kecil ini menjadi daya tarik tersendiri. Dengan panjang 800 meter dan tinggi sekitar 5-6 meter membuat para pengunjung untuk loncat dari jembatan cinta untuk berenang atau sekedar jalan-jalan menikmati indahnya semburat langit orange kemerahan dikala Matahari terbenam. Namun tak hanya itu, ada wisata sejarah pula di pulau ini. Yaitu ditemukannya makam Muhammad Kaca, nama samara Raja Pandita saat diasingkan oleh colonial Belanda di Pulau ini.

2. Pulau Kelor, pulau kecil dengan reruntuhan Benteng Martello

Masih tersisa bekas reruntuhan benteng buatan colonial Belanda, Benteng Martello. Pada jaman dahulu, para kolonial dapat melihat seluruh sudut dari benteng ini, terutama Batavia.

3. Pulau Onrust dan Pulau Cipir, Taman Arkeologi Onrust

Dipulau ini banyak reruntuhan-reruntuhan yang menjadi saksi bisu jaman colonial Belanda di Indonesia. Dan juga terdapat bangunan asrama haji, yang dulunya karena adanya pertimbangan politik dari pemerintah Hindia Belanda, orang Indonesia yang akan berangkat dan pulang haji dikarantina di Pulau Onrust ini. Dan Pulau Cipir terletak di dekat pulau Onrust. Di Pulau ini juga terdapat banyak reruntuhan bekas tempat karantina haji dan juga bekas rumah sakit yang sempat digunakan menjadi tempat eksekusi hukuman mati.

4. Pulau Bidadari, keindahan para pecinta untuk pre-wedding

Pulau ini sesuai dengan namanya, pulaunya sangat cantik. Letaknya tak jauh dari Pelabuhan Ancol Marina. Pulau ini sering sekali digunakan untuk lokasi pemotretan pre-Wedding karena pemandangannya yang benar-benar cantik dan indah.

Wisata Pendidikan Konservasi

sumber gambar : http://www.antaranews.com/

sumber gambar : http://www.antaranews.com/

Melindungi dan melestaraikan sumberdaya adalah kewajiban bagi kita sebagai makhluk. Nah, konservasi laut yang merupakan upaya untuk melindungi dan melestarikan serta memanfaatkan sumber daya laut untuk menjamin keberadaan, ketersediaan serta menjaga kelangsungan hidup berbagai jenis ikan, flora, dan biota laut sangat penting bagi bangsa Indonesia. Mengingat, Indonesia 75%nya merupakan laut. Selain pesona keindahan objek alam baharinya, Kepulauan Seribu ini juga menawarkan kegiatan wisata dengan unsur edukatif. Yaitu Konservasi terhadap objek-objek alam bahari itu sendiri.

Tepatnya di Taman Nasional Kepulauan Seribu yang dengan kegiatan ekowisata baharinya yang dikemas dalam berbagai kegiatan, dimulai dari pengenalan ekosistem laut dan pesisir dan dilanjutkan dengan kegiatan yang lebih mengenal alam, tumbuhan dan satwa yang dilindungi, zonasi taman nasional, teknik konservasi dan tentunya tujuan dari konservasi.

Nah, dari berbagai hal tentang kepulauan seribu ini, tentu membuat saya semakin greget pengen kesana dan menikmati betapa indahnya Alam Indonesia. Kini saatnya kita sebagai bangsa Indonesia sadar dan benar-benar bangga berwisata di Negara sendiri yang begitu indahnya. Bukan bangga belanja dan liburan di luar negeri disaat liburan. Negeri kita tak kalah indah dari Negara lain, bahkan jauh lebih indah :)

Semoga tulisan saya ini bermanfaat dan bisa sama-sama saling menggugah kesadaran kita akan indahnya Indonesia, banyak sejarah dan kekayaan alam yang patut dijaga.

Dan semoga melalui lomba blog yang diadakan vivalog ini saya bisa mencoret tulisan snorkeling dan diving, kepulauan seribu, di dreambook saya. *mencoret tulisan-tulisan mimpi itu berarti sudah saya gapai/ lakukan :)

twitter

Sumber informasi :


- http://www.pulauseribu.co/2012/11/10-titik-di-kepulauan-seribu-surga.html


- http://travel.detik.com/read/2013/05/16/120505/2247631/1383/1/tempat-snorkeling-diving-paling-top-di-kep-seribu#topart


- http://id.wikipedia.org/wiki/Taman_Nasional_Kepulauan_Seribu


- http://www.tnlkepulauanseribu.net


TAGS kepulauan seribu kepulauan Indonesia


-

Author

Follow Me