Teluk Ijo Destinasi Mengagumkan di Banyuwangi

15 Jan 2014

Tracking! Saya sedikit terkejut saat teman-teman dblogger menjelaskan bahwa di Banyuwangi akan ada tracking. Ini kali pertama saya akan tracking dan saya tidak membawa apapun berupa persiapan. Baik perlengkapan secara fisik dan perlengkapan lainnya. Bahkan sepatu saja saya menggunakan sepatu cewek yang gak cocok sama sekali untuk tracking. Selama perjalanan menuju Banyuwangi saya memikirkannya, dan saya memutuskan akan membeli sandal apapun yang bisa dibuat untuk tracking nanti disana!

Perjalanan Menuju Teluk Ijo

Jalanan yang masih banyak lubang, tanah dan batu membuat tropper yang kami tunggangi semakin terlihat gagah. Ditambah se-kelilingi jalanan yang kami lewati masih begitu asri, berbagai macam pohon khas pesisir, dan hewan-hewan yang sedang asyik bercengkrama menikmati matahari membuat saya seperti sedang masuk tim jelajah dan eksplorasi alam kayak di TV yang sering saya lihat.

Aaa! Saya susah mengekspresikannya. Saya sangat senang! Bagaimana ya cara mengekspresikannya :D Keren sekali!

teluk ijo

*sebelum tracking

Setelah memempuh perjalanan yang asyik sampailah kami di sebuah tempat yang memungkinkan kami untuk turun kebawah. Ke sebuah lukisan alam yang diciptakan Allah begitu indah namun tak banyak yang tahu. Sebuah teluk yang masih alami bernama teluk hijau terlihat dari atas. Iya, kami akan tracking dan turun menuju surga Indonesia yang tersembunyi ini :D

Tracking i’m in Love

Akhirnya saya membeli sandal jepit pemirsa. Sandal ini akan sangat berjasa untuk tracking yang akan saya lakukan. Terlihat sangat Indah teluk Ijo terlihat dari atas. Saya ingin segala turun ke bawah! Saya siap untuk my first Tracking!

* photo by @diladelila

* photo by @diladelila

Melalui tanah becek dengan berbagai akar melintang sana sini, kepleset, batu licin, sandal jepit lengket di lumpur dan banyak hal lainnya! Seru! Perjalanan Panjang, turun dan turun kebawah. Berbagai jenis pohon di kanan kiri. Di beberapa titik saya bisa melihat keindahan teluk ijo, dan semangat saya semakin membara untuk terus melangkah. padahal awalnya ogah karena gak siap, kini jadi semangat banget. Seru! Indah! Keren! Saking senangnya saya susah menggambarkannya.

Capek, tentu saja. Ditambah saya mengalami beberapa kendala di beberapa titik saat tracking. Yang memutuskan untuk tidak memakai sandal alias tidak memakai alas kaki saja. Untungnya disepanjang jalan ada tali tambang yang sengaja dibuat membentang dipinggir-pinggir jalan tracking kami. Dan beberapa bambu yang dipasang untuk memudahkan kami. Benar-benar membantu, apalagi jalanan yang memang benar-benar licin, mungkin karena sering hujan ya. Dan capek yang saya rasa terobati saat hamparan laut terlihat!

Teluk Damai, Secret Bay dibalik Teluk Ijo

teluk damai

Teluk ini yang mengobati rasa capek saya. Sebuah teluk dengan banyak batu-batuan di bibir pantainya. Kami, para dblogger yang melakukan tracking mengambil langkah cepat untuk semakin mendekati pantai ini. Kami melewati batu demi batu di bibir pantai. Menyenangkan! dan sangat damai, seperti namanya. Hanya ada dua keluarga yang sedang menikmati mentari di atas bebatuan sambil menikmati bekal mereka. Kami memutuskan untuk istirahat sejenak sebelum melewati sebuah bukit pemisah antara Teluk Damai dan Teluk Ijo. Teluk Ijo berada dibalik Teluk Damai ini.

teluk damai

Masih di Teluk Damai, ada aliran air jernih seperti sungai. Kami istirahat lagi disini, untuk melepas penat karena panasnya matahari dan membersihkan alas kaki kami yang penuh dnegan lumpur.

Ini loh Destinasi Paling EPIC di Banyuwangi !

teluk ijo

Lagi lagi dan Lagi! Saya dibuat berdecak kagum dan tak berhenti menyebut nama Allah. MasyaAllah. Sunggu Maha Kuasa Ia yang telah menciptakan alam yang begitu indah! Indah sekali! Sampai saya bingung lagi bagaimana harus berucap. Saya sarankan jika kalian membaca tulisan ini, maka datanglah!

Teluk Ijo ini tempatnya seperti “disembunyikan”. Berada diantara 2 tebing yang menutupinya. Kondisi alamnya juga berbeda dengan Teluk Damai yang bibir pantainya penuh dengan batu. Teluk Ijo, bibir pantainya lebih kental dengan pasir putih yang lembut. Lembut sekali. Air lautnya terlihat hijau, sesuai namanya. Cantik. Keren. Saya sangat suka.

Ditambah lagi kondisi pantainya yang sangat bersih, tidak ada sampah. Ombaknya sedikit lebih besar dari pantai-pantai biasanya. Namun justru terlihat bahwa pantai ini sangat cantik dan masih murni. Indah sekali. Saya sangat beruntung bisa kesini. Di sebelah kanan ada air terjun mini yang biasanya digunakan untuk membilas badan setelah asyik berenang di pantai Teluk Ijo ini.

Setelah puas bercengkrama menikmati indahnya Teluk Ijo, kami dblogger kembali ke tempat awal kami. Namun kali ini, saat kembali kami tidak melakukan tracking. Kami menaiki perahu. Perahunya sepertinya memang tidak dipersiapkan untuk tujuan wisata, seperti perahu nelayan untuk mencari ikan. Namun, tetap saja asyik. Ditambah masyaAllah, pemandangan yang tak kalah indah terlihat. Teluk Ijo terlihat begitu indah dari tengah lautan. Tebing-tebing yang menyembunyikannya juga terlihat kokoh, indah dan cantik. Ombak yang menghatam dan cipratan kembali ombak dari tebing itu sangat indah. Saya terpesona dengan keindahan Teluk Ijo dan segala yang ada disana.

Terima kasih pakBupati Banyuwangi Bapak Abdullah Azwar Anas yang telah mengundang kami para dblogger untuk singgah di menikmati Indahnya Banyuwangi :)


TAGS banyuwangi pantai banyuwangi teluk ijo


-

Author

Follow Me