Start Surabaya Kesempatan Emas buat Kamu untuk Berkarya

20 Nov 2014

Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). Saya yakin sudah banyak dari kita yang mendengar istilah ini. Tinggal menghitung bulan, minggu dan bahkan bisa dihitung hari untuk menuju tahun 2015, MEA akan dilaksanakan oleh seluruh negara yang tergabung dalam ASEAN. Dan kita Indonesia harus siap menghadapi tantangan yang akan segera hadir ini.

Apa saja sich yang harus kita persiapkan dalam perwujudan MEA?

“Yang paling penting adalah kita terus meningkatkan daya saing kita. Karena ada empat pilar di situ. pertama, pasar tunggal. Kedua, daerah berdaya saing. Ketiga, equitable development. Keempat, integrasi ke ekonomi dunia. Nah, dari sini kita harus meningkatkan daya saing kita” - Hatta Rajasa

Nah, Katanya pak Hatta yang pada saat itu menjadi Menko Perekonomian, kita harus meningkatkan daya saing kita dengan empat pilar yang ada. Sebagai generasi muda yang notabenya memiliki potensi yang sangat besar untuk nantinya menjadi pionir ekonomi, kita harus bersiap dan ikutan terjun. Kemajuan teknologi yang membuat kita menjadi generasi “digital native” yang tentunya sanggup mengolah teknologi untuk menciptakan dampak yang bermanfaat bagi orang lain. Potensi tersebut tentunya harus didukung dan dikembangkan, dimulai dengan menumbuhkan ekosistem industri yang terdiri dari berbagai pihak yang saling berkolaborasi. Enam elemen penting dalam potensi ini diantaranya pemerintah, media, komunitas, industri, akademisi, serta teknologi.

Terus gimana caranya kita bisa jadi generasi muda yang siap dan ikutan terjun dalam MEA?

Caranya GAMPANG banget!

startsurabaya

Kibar, Suara Surabaya, Enciety, Spazio, bersama Pemerintah Kota Surabaya mengundang kamu untuk bergabung dengan Start Surabaya, sebuah program inkubasi startup teknologi yang bertujuan mendorong anak muda Surabaya untuk meluncurkan bisnis dengan menciptakan solusi berbasis teknologi yang memiliki dampak, bertujuan untuk bermanfaat, dan memberikan nilai tambah kepada masyarakat.

Selama tiga bulan, 45 orang (15 tim) yang terseleksi untuk menjalani aktivitas berupa kombinasi workshop, seminar, konsultasi serta pelatihan yang dibantu mentor dan fasilitator berpengalaman dari industri. Para peserta akan menjalani serangkaian proyek yang akan membantu mereka menciptakan startup mulai dari ide hingga eksekusi. Mereka juga akan dibekali dengan berbagai pendidikan soft skill yang bisa membantu mengembangkan kemampuan diri dan kepribadian mereka sebagai calon pebisnis kreatif berbasis teknologi.

Para peserta akan ditempatkan di sebuah coworking space atau kantor bersama dengan fasilitas lengkap, di mana mereka akan berkolaborasi dengan berbagai komunitas dan pebisnis kreatif dan teknologi di Surabaya dan sekitarnya seperti Beon, Soledad & The Sister Co., Ayorek!, Plat-M, Inijie, Layaria, Kreavi, dan Fotografer.net.

Buat kalian yang

  1. Warga Surabaya (memiliki KTP Surabaya)
  2. Berusia 18-25 tahun
  3. Memiliki kemauan keras untuk menciptakan perubahan dan menjadi bermanfaat
  4. Memiliki ide startup
  5. Memiliki sebuah tim yang setidaknya terdiri dari tiga orang dari latar belakang yang berbeda (diutamakan berasal dari latar belakang teknik/programming, desain, dan bisnis/komunikasi)
  6. Bersedia mengikuti program mentoring selama tiga (3) bulan

Langsung daftar sekarang secara online di www.startsurabaya.com.

Pendaftaran akan ditutup pada tanggal 30 November 2014. Seleksi peserta akan dilaksanakan di awal Desember, dan pengumuman peserta akan dilakukan di akhir Desember.

Nich Banner Informationnya :)
startsurabaya_general

Gampang banget kan caranya? Nah, program ini diharapkan dapat menciptakan generasi anak muda di Surabaya yang bukan hanya sekadar memiliki bisnis, tetapi juga mampu memanfaatkan teknologi untuk menciptakan solusi atas permasalahan yang dihadapi orang banyak. Tujuan, visi, serta misi untuk menjadi bermanfaat merupakan hal yang membedakan pebisnis biasa dengan yang berkualitas.

Beruntunglah kalian warga Surabaya :)
Sebagai generasi muda dengan penuh potensi tentu kita kesempatan ini :D

Salam Asean Economic Community (^^)

ria lyzara


TAGS masyarakat Ekonomi Asean startsurabaya startup


-

Author

Follow Me