Tips Kuliah Kerja Nyata kamu biar lebih berarti

28 Dec 2014

KKNKuliah Kerja Nyata. Mata kuliah wajib bagi mahasiswa di kampus kami. Universitas Trunojoyo Madura. Biasanya bisa ditempuh di semester 6 atau semester 7 dengan syarat tertentu. Nah, kalau di kampus kami, biasanya sebelum KKN bakalan muncul banyak rumor tak enak. Misalkan kalau KKn itu pasti ditempatkan disebuah desa yang tidak ada airnya, tidak ada listriknya, kalaupun ada keduanya harus beli, jauh dari keramaian kota, dan lain sebagainya. Sebagian rumor benar dan sebagian tidak. Saya sendiri awalnya takut tentang hal itu. Kalau listrik ya, saya butuh saat malam hari, kalau siang hari, saya mungkin bisa membiasakan tanpa listrik (tidak lihat TV, tidak nyalakan HP, dsb). Tapi kalau air? Waduh. Ini yang susah. Saya pecinta air. Air bersih tentunya. Untuk apapun. Saya gak bisa tanpa air.

Tahun ini saya melaksanakan KKN. Saya tempuh di akhir semester 6. Dan apakah rumor itu benar? Jawabannya tidak untuk desa yang saya tempati. Tapi untuk beberapa desa yang di tempati oleh teman saya, jawabannya iya sedikit persis.

Untuk itu, saya akan berbagi tips untuk teman-teman yang akan melaksanakan KKN di semester 7 ini. Tips ala saya sich, boleh dibaca, boleh dipahami, boleh dilakukan dan boleh dihiraukan :)

1. Perbarui NIAT

niatNiat awal saat KKN itu sangat menentukan apa yang akan kamu lakukan saat nanti di desa. Niatkan sedari awal BUKAN KARENA MENCARI NILAI. Kalau hanya mencari nilai, udah pulang aja gak usah ikuan KKN. Titip sama teman-teman di kelompoknya, sogok mereka, kalo ada LPPM dan tim dosen peninjau datang, bilang kamu lagi sakit, padahal kamu kagak ikutan kegiatan disana!

Niatkan kalau KKN ini adalah ajang untuk kamu mengimplementasikan apa yang sudah anda dapat di kampus. Macem-macem gak cuman ilmu yang ada di bangku kuliah, yang kamu dapat di organisasi dan komunitas juga terapkan. Niatkan dari awal bahwa ini memang benar Kuliah Kerja Nyata. Bukan Kuliah Kerja Nyantai.

2. Biasakan diskusi bersama

diskusi KKN

Apapun yang terjadi di tempat KKN kalian. Sebisa mungkin diskusikan bersama. Jangan sampai dipendem sendiri. Itu akan menyulitkanmu. Ingat in desa orang. Apapun. Mulai dari kegiatan bersama yang akan dilakukan, keadaan warga sekitar, rumor yang beredar di desa sekitar juga perlu diperhatikan demi keamanan bersama. Intinya sich diskusi bareng. Jangan main ambil keputusan sendiri. Di KKN itu kamu harus bisa menekan ego masing-masing.

3. Jangan cuman diem atau cuman perhitungan. Aksi!

bersih bersih

KKN itu bukan ajang untuk saling perhitungan. Teman yang satu udah ngepel lantai ruangan kegiatan, yang satu mainan handphone, dan yang lain repot sama kegiatan masing-masing, terus kursi belum ditata. Dan kamu memilih untuk diem disebelah orang yang mainan handphone, gak mau bantu yang ngepel. Yang ada dipikiranmu, dia mainan handphone aja gpp, ngapain gue harus ngrapihin kursi. Udah disini aja adem, ayem. H e l l o. kalau KKN kamu cuman buat mikir kayak gini, udah gak usah KKN. Percuma.

4. Lihat problem masyarakat sekitar dan kasih solusi

sosialisasi narkoba

Cara paling ampuh biar kalian bermanfaat saat KKN adalah klasifikasi apa problem yang mucul di desa tersebut. Misal, ternyata anak-anak di desa tersebut sudah banyak yang menggunakan Narkoba. Di usia SMP sudah banyak menggunakan obat-obat terlarang. Apa yang menyebabkan hal itu?. Ternyata setelah diklasifikasi banyak orang tua yang kurang memperhatikan pergaulan anaknya. Banyak orang tua yang gak ngerti narkoba kayak apa dan gimana efeknya. Nah, buat dech sosialisasi tentang bahaya narkoba yang pesertanya gak cuman anak-anak muda tapi juga orang tua-nya.

5. Melebur dengan masyarakat sekitar

masyarakat desa

Manfaatin waktu saat KKN itu untuk lebih mengenal masyarakat desa. Kamu bakalan mendapat banyak ilmu dari mereka loh. Ilmu yang gak bakalan bisa kamu dapet di bangku kuliah. Ilmu kehidupan. Bagaimana mereka memaknai hidup. Bagaimana mereka berjuang untuk membahagiakan orang-orang di sekitarnya. Dan masih banyak lagi.

6. Malam hari, sempatkan sharing bersama

diskusi

Sharing bersama itu tak hanya membahas soal kegiatan kalian di KKN. Curhat-curhatan juga boleh. Sharing apapun. Satu kelompok itu terdiri dari 13-15 mahasiswa dari latar belakang pendidikan dan keahlian yang berbeda. Bahkan daerah yang berbeda. Sharing seperti ini bakalan nambah ilmu dan pengalaman baru.

7. Lupakan handphone, internet dan sosial media

Gunakan handphone seperlunya saja. Lupakan juga soal sosial media dan internet. Buka mereka seperlunya saja. Manfaatin waktu di desa itu untuk benar-benar memaknai hidup dan berbagi ilmu yang udah didapat.

8. Baca buku-buku tentang KKN biar tambah semangat

Ada sebuah buku yang menjadi hasil tulisan selama sebulan mengabdi di sebiah desa untuk KKN. Buku tersebut mengisahkan tentang kondisi monografi desa dan kisah 13 mahasiswa dengan latar belakang yang berbeda. Kisahnya unik dan bahasanya serampangan. Maklum karena mereka bukan penulis. Baca deh buku Rangperang Laok yang menjadi catatan kelompok 14 KKN tahun kesekian mahasiswa Universitas Trunojoyo Madura.

9. Kalian bakal jadi saudara

KKN

Selama sebulan hidup bersama. Ngrasain yang namanya sedih, kelaperan, makanan dicuri kucing, seneng, main, bersih-bersih, semuanya bakalan dikerjain bareng-bareng. Kita bakalan tau kebiasaan teman kita setelah bangun tidur ngapain, Mukanya abis bangun tidur, cara makannya, macem-macem, semuanya kita bakalan tau. jadi kayak saudara sendiri gitu deh :D

10. Libatkan perasaan seperlunya saja

KKN

Hei. Maksud dari tips terakhir ini bukan tentang perasaan dan logika untuk menyikapi masalah. Ini perasaan soal hidup bersama selama 1 bulan. Dan ini paling riskan. Bahkan saat beberapa kali pembekalan KKN, dosen selalu mengingatkan. Hati-hati Cinlok. Ingat niat awal ikutan KKN. Untuk mengabdi dan mengaplikasikan ilmu yang udah didapat di kampus. Masalah cinta dan lain sebagainya seharusnya bisa kamu hindari donk. Kalau kata senior-senior yang sudah berpengalaman cinta yang tumbuh di KKN itu cuman cinta sementara. Jadi jangan mudah termakan perasaan karena sudah mendapatkan banyak perhatian darinya saat KKN.

Tips saya umum banget ya? Tapi, semoga bermanfaat untuk teman-teman yang mau KKN :)


TAGS KKN


-

Author

Follow Me